SEKOLAH OR MADRASAH

Sekolah adalah suatu lembaga atau tempat untuk belajar seperti membaca, menulis dan belajar untuk berperilaku yang baik.


Sekolah adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia dengan tidak adanya sekolah, maka kualitas pendidikan masyarakat yang ada di Indonesia jadi terganggu. sekolah juga tempat menimba ilmu agama dan ilmu umum. Kehidupan yang dijalaninya pun juga tidak akan terjamin, banyak terjadinya pengangguran dimana-mana sebab ilmu yang dimiliki tidak mampu untuk memenuhi standar yang diinginkan. Untuk itu, pendidikan itu sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa. Peran orang tua sangat penting sebagai dorongan bagi anak-anaknya untuk tetap terus semangat dalam menempuh pendidikan sekolah. Peran orang tua sebagai pendidik sejati sementara digantikan dan diserahkan sepenuhnya kepada tenaga pendidik yang lebih profesional dalam hal bidangnya. Secara umum sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bersifat formal, non formal maupun informal yang didirikan oleh negara ataupun swasta yang dirancang mengajari, mendidik melalui didikan yang telah diberikan oleh tenaga pendidik. Untuk membuat sebuah sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang belajar, perpustakaan, ruang kantor, masjid, ruang komputer ataupun yang lainnya.

Madrasah merupakan sebutan dalam bahasa Arab yang artinya sekolah. Di Indonesia, madrasah dikhususkan sebagai sekolah (umum) yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keislaman) bahkan lebih ke nilai agama dan pelajaran umum.


dulu madrasah adalah tempat mencari ilmu agama dibidang Al qur'an yaitu, madrasah Diniyah, madrasah ibtidah (ibtidaiyah) madrasah wusto (Tsanawiyah), madrasah ulya, (Aliyah) Sehingga dalam penafsiran pengembangannya, pengembangan madrasah bisa artikan bagaikan usaha dalam mewujudkan visi serta misi buat menjadikan madrasah yang Islami, populis serta bermutu.

Sehingga Madrasah lebih ditekankan ke arah Kementrian Agama dan Perguruan Tinggi dan Pondok Pesantren. Dengan perkembangan zaman madrasah menyatu dengan sekolah jadi sekolah dan madrasah adalah lembaga/tempat bimbingan belajar. yaitu artinya sekolah/madrasah.

Namun madrasah sekarang dibawa naungan Kementrian Agama (KEMANAG) sementara sekolah itu umum.

By. Sopo sing update



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama